Sabtu, 15 September 2012
visi dan misi agroekoteknologi UNIB
Program Studi
Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu memiliki visi, misi
dan tujuan serta kompetensi sebagai berikut.
VISI
Menjadi Program studi terbaik nasional dalam pengembangan ilmu dan
teknologi pertanian tropika berkelanjutan pada tahun 2025
MISI
1. Melaksanakan pendidikan tinggi yang kompeten dan kompetitif dalam
ilmu dan teknologi pertanian tropika berkelanjutan.
2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi
pertanian tropika berkelanjutan
3. Menyebarluaskan dan membudayakan ilmu dan teknologi pertanian
tropika berkelanjutan
4. Membangun jaringan kerjasama pengembangan ilmu dan teknologi
pertanian tropika berkelanjutan
Tujuan
1.
Menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas
2.
Menciptakan atmosfir akademik yang mampu menumbuhkan lifeskill, softskill
dan nilai-nilai humanis mahasiswa
3.
Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi
pertanian tropika berkelanjutan
4.
Meningkatkan produktivitas sivitas akademika untuk menyebarluaskan ilmu
dan teknologi pertanian tropika berkelanjutan
5.
Menumbuhkembangkan budaya dan teknologi lokal dalam pertanian tropika
berkelanjutan
6.
Meningkatkan akses informasi dan sumberdaya lintas institusi/stakeholders
dalam pengembangan ilmu dan teknologi pertanian tropika berkelanjutan
Kompetensi
Kompetensi Utama lulusan PS. Agroekoteknologi
dikelompokkan ke dalam 5 profil profesi lulusan yakni:
1. Lulusan sebagai pelaku dibidang
pertanian dengan kompetensi utama “Mampu menerapkan IPTEKS dibidang budidaya tanaman berdasarkan
prinsip pertanian tropika berkelanjutan, baik secara modern maupun yang
mengangkat kearifan lokal”
2. Lulusan sebagai manager dengan kompetensi
utama “Mampu merencanakan dan merancang sistem
produksi tanaman tropika berkelanjutan secara efektif dan produktif.
3. Lulusan sebagai pengusaha dengan kompetensi utama ” Mampu berinovasi dalam menerapkan IPTEKS
dibidang budidaya pertanian tropika berkelanjutan ke dalam praktek bisnis.
4. Lulusan sebagai peneliti dengan
kompetensi utama “Mampu mengidentifikasi,
menganalisis dan merumuskan masalah secara tepat mengenai sistem budidaya
pertanian tropika berkelanjutan.
5. Lulusan sebagai pendidik (fasilitator, motivator dan mediator)
dengan kompetensi utama “Mampu berfikir analitis dan sistematis dengan
memperhitungkan dampak penyelesaian masalah terhadap lingkungan dan kehidupan bermasyarakat.
Kompetensi Pendukung lulusan PS. Agroekoteknologi juga
dikelompokkan ke dalam 5 profil profesi lulusan yakni:
1. Lulusan sebagai pelaku dibidang
pertanian dengan kompetensi pendukung “Berani memulai, melaksanakan dan mengembangkan usaha inovatif bidang
produksi tanaman pertanian tropika berkelanjutan”
2. Lulusan sebagai manager dengan kompetensi
pendukung “Mampu
melaksanakan perencanaan sistem produksi tanaman secara tepat, efisien dan
produktif sesuai dengan kaidah pertanian berkelanjutan”
3. Lulusan sebagai pengusaha dengan kompetensi pendukung ” Mampu menjalin kerjasama
(bernegosiasi dan berkomunikasi) secara efektif dan produktif”
4. Lulusan sebagai peneliti dengan
kompetensi pendukung “Mampu merancang dan
melaksanakan penelitian serta menginterpretasikan data secara cermat dan
akurat”
5. Lulusan sebagai pendidik (fasilitator, motivator dan mediator)
dengan kompetensi pendukung “Mampu sebagai fasilitator, motivator dan
mediator secara efektif dan produktif”
Kompetensi Lainnya lulusan PS. Agroekoteknologi juga
dikelompokkan ke dalam 5 profil profesi lulusan yakni:
1. Lulusan sebagai pelaku dibidang
pertanian dengan kompetensi lainnya ” Mampu mensinergikan potensi
sumberdaya yang ada untuk kegiatan produksi yang produktif, inovatif dan
berkelanjutan”
2. Lulusan sebagai manager dengan kompetensi
lainnya “Mampu
mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama dalam tim yang multidisiplin
ilmu dan karakter”
3. Lulusan sebagai pengusaha dengan kompetensi lainnya ”Mampu
menerapkan etika bisnis pertanian yang berwawasan lingkungan”
4. Lulusan sebagai peneliti dengan
kompetensi lainnya “Mampu merekomendasikan
penyelesaian masalah secara tepat dalam sistem budidaya pertanian tropika
berkelanjutan”
5. Lulusan sebagai pendidik (fasilitator, motivator dan mediator)
dengan kompetensi lainnya “Mampu dan mau belajar sepanjang hayat”
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
0 komentar:
Posting Komentar